Revass Utama Medika

10 Jenis Penyakit Jantung Yang Harus Diketahui

10 Jenis Penyakit Jantung Yang Harus Diketahui

Untuk menjaga kesehatan, maka Anda wajib mengetahui beberapa penyakit jantung berikut ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat organ tubuh ini memiliki peran sangat penting dan apabila bermasalah dapat mengancam nyawa seseorang.

Perlu diketahui bahwa gangguan jantung atau yang berhubungan dengan kardiovaskular ternyata sangat beraneka ragam. Disinilah pentingnya agar Anda memahaminya lebih lanjut sehingga dapat mengetahui bagaimana penanganan yang tidak tepat.

Jenis Penyakit pada Jantung

Kendati merupakan salah satu penyebab kematian nomor satu di dunia, tetapi tidak banyak orang mengetahui jenis-jenis penyakit jantung dapat menyerang manusia. Bahkan tidak sedikit dari mereka terlalu menganggap remeh keberadaannya.

Nah agar Anda semakin paham, berikut ini 10 jenis penyakit yang menyerang jantung sekaligus sistem kardiovaskular manusia.

  1. Serangan Jantung

Ini merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat di dunia. Dimana dalam kondisi ini, pasokan darah ke jantung akan terhadap secara total sehingga mengakibatkan sel otot jantung mengalami kerusakan.

  1. Jantung Coroner

Penyakit jantung koroner terjadi ketika arteri koroner yang memasok darah ke jantung tersumbat atau terganggu. Hal ini dapat menyebabkan angina atau nyeri dada, serangan jantung, atau gagal jantung. Cara mengatasi penyakit jantung koroner adalah dengan mengadopsi gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, tidak merokok, dan menjaga berat badan yang sehat.

  1. Endokarditis

Sedangkan endocarditis merupakan kondisi penyakit jantung yang akan menyerang bagian dari katupnya. Penyebab utamanya disinyalir karena adanya bakteri yang masuk melalui darah seperti ketika infus ataupun operasi.

  1. Aritmia

Jenis penyakit jantung selanjutnya yakni aritmia yakni gangguan irama pada jantung. Biasanya iramanya terlalu lambat, terlalu cepat ataupun bahkan tidak beraturan sama sekali sehingga sering membuat seseorang cepat Lelah.

  1. Gagal Jantung

Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, sesak napas, dan pembengkakan pada kaki. Cara mengatasi gagal jantung adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk mengendalikan gejala atau dengan menjalani operasi untuk memperbaiki atau mengganti bagian jantung yang rusak.

  1. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah kondisi ketika otot jantung menjadi lemah dan tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti sesak napas, lelah dan pembengkakan pada kaki. Cara mengatasi kardiomiopati adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk memperkuat otot jantung atau dengan menjalani operasi untuk memperbaiki jantung.

  1. Arterosklerosis

Merupakan kondisi yang mengakibatkan adanya pengerasan pada bagian arteri dari jantung. Biasanya penyebab utamanya adalah endapan wabah, penyakit ataupun lemah serta dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti stroke hingga tekanan darah tinggi.

  1. Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah kondisi ketika jantung tidak terbentuk dengan baik saat bayi masih dalam kandungan. Gejala dari penyakit jantung bawaan dapat bervariasi tergantung pada jenis penyakit. Cara mengatasi penyakit jantung bawaan adalah dengan menjalani operasi untuk memperbaiki jantung atau dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk mengendalikan gejala.

  1. Jantung Rematik

Jantung rematik adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada tenggorokan atau kulit, yang kemudian menyebar ke jantung dan menyebabkan peradangan pada jaringan jantung. Penyakit ini dapat memengaruhi katup jantung dan menyebabkan kerusakan pada jantung, yang dapat mempengaruhi kemampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Gejala jantung rematik dapat bervariasi tergantung pada seberapa parah kerusakan pada jantung. Beberapa gejala yang umum terjadi adalah nyeri dada, sesak napas, kelelahan, dan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki. Gejala jantung rematik seringkali muncul secara bertahap dan dapat berkembang selama bertahun-tahun.

Cara mengatasi jantung rematik adalah dengan mengkonsumsi antibiotik untuk menghilangkan infeksi bakteri, mengkonsumsi obat-obatan untuk mengendalikan gejala seperti nyeri dada dan sesak napas, serta menjalani operasi untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung yang rusak. Selain itu, juga penting untuk menjaga gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, tidak merokok, dan menjaga berat badan yang sehat.

  1. Tumor Jantung

Tumor jantung adalah kondisi ketika terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam jantung. Meskipun tumor jantung jarang terjadi, namun dapat menyebabkan berbagai gejala dan dapat memengaruhi kemampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Tumor jantung dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu tumor jantung jinak dan tumor jantung ganas. Tumor jantung jinak lebih umum terjadi dan biasanya tidak menimbulkan gejala. Sementara itu, tumor jantung ganas lebih jarang terjadi namun dapat menyebabkan gejala yang parah dan mempengaruhi kemampuan jantung dalam memompa darah.

Beberapa gejala yang mungkin terjadi pada tumor jantung adalah nyeri dada, sesak napas, pingsan, detak jantung tidak teratur, pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki, serta kelelahan. Gejala tumor jantung dapat bervariasi tergantung pada lokasi tumor di dalam jantung.

Cara mengatasi tumor jantung tergantung pada jenis dan ukuran tumor, serta seberapa parah gejala yang timbul. Pada beberapa kasus, tumor jantung tidak memerlukan pengobatan dan dapat diawasi dengan teratur melalui pemeriksaan jantung. Namun, pada kasus yang lebih serius, pengobatan seperti operasi untuk mengangkat tumor atau kemoterapi dan radioterapi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal dapat diperlukan.

Kesimpulan

Penyakit jantung merupakan kondisi kesehatan yang serius dan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Beberapa jenis penyakit jantung yang umum terjadi antara lain penyakit jantung koroner, gagal jantung, aritmia, katup jantung bocor, dan jantung rematik.

Setiap jenis penyakit jantung memiliki gejala dan pengobatan yang berbeda-beda, namun penting untuk segera memperoleh pengobatan medis jika mengalami gejala-gejala yang mencurigakan seperti nyeri dada, sesak napas, kelelahan, atau detak jantung yang tidak teratur. Pencegahan penyakit jantung dapat dilakukan dengan menjaga gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, tidak merokok, dan menjaga berat badan yang sehat.

Untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, penting untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara teratur dan menghindari faktor risiko seperti stres, kecemasan, dan depresi. Dengan menjaga kesehatan jantung, seseorang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Kesimpulannya, penyakit jantung merupakan kondisi kesehatan yang serius dan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Penting untuk segera memperoleh pengobatan medis jika mengalami gejala-gejala yang mencurigakan dan menjaga gaya hidup sehat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *