Revass Utama Medika

Mitos Dan Fakta Seputar Kolesterol dan Penyakit Jantung

Mitos Dan Fakta Seputar Kolesterol dan Penyakit Jantung

Pada saat membahas tentang kesehatan jantung, salah satu hal yang sangat diperhatikan adalah hubungan antara kolesterol dan jantung. Pasalnya, tidak jarang kelebihan jumlah kolesterol dapat menyebabkan masalah pada jantung.

Seperti diketahui, jantung merupakan organ penting yang terdapat di dalam tubuh manusia. Pada saat terdapat gangguan di jantung oleh kolesterol, maka akan menyebabkan tubuh menjadi terganggu kesehatannya.

Namun, sebenarnya apakah korelasi antara kolesterol dengan kesehatan jantung manusia? Apakah kolesterol memang berbahaya bagi jantung? Nah, untuk mengetahui faktanya, Anda dapat menyimak penjelasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Fakta Serta Mitos Seputar Kolesterol Dan Jantung

Terdapat beberapa hal yang menjadi mitos terkait hubungan kolesterol dengan jantung. Untuk mengetahui mitos apa saja yang selama ini beredar di masyarakat tentang kolesterol, Anda bisa menyimak informasi berikut ini.

1. Semua Kolesterol Buruk Untuk Tubuh

Kolesterol memang sering dianggap sebagai momok yang buruk bagi kesehatan jantung, tetapi sebenarnya kolesterol memiliki peran penting dalam fungsi tubuh. Kolesterol merupakan senyawa lemak yang dibutuhkan tubuh untuk membangun membran sel, memproduksi hormon, dan membantu dalam proses metabolisme. Namun, kolesterol juga memiliki sisi negatif yang berdampak pada kesehatan jantung jika kadar dalam darah tidak terkontrol.

Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik berfungsi untuk mengangkut kelebihan kolesterol dari pembuluh darah kembali ke hati, sehingga mencegah penumpukan plak dalam arteri. Sementara itu, kolesterol jahat bisa menyebabkan penumpukan plak dalam arteri jika kadar dalam darah terlalu tinggi. Plak yang menumpuk pada arteri dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan arteri (aterosklerosis), yang meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

Baca Juga : Mengenal 7 Faktor Risiko Penyakit Jantung

2. Hindari Semua Makanan Kolesterol

Mitos berikutnya dari kolesterol adalah sebaiknya menghindari semua makanan yang mempunyai kolesterol. Namun, faktanya mengatakan bahwa pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar karena terdapat beberapa kolesterol yang baik dikonsumsi asalkan dalam jumlah cukup.

3. Semua Orang Wajib Minum Obat Kolesterol

Mitos lain yang kerap kali ditemui di masyarakat adalah semua orang wajib untuk mengonsumsi obat penurun kolesterol. Namun, faktanya obat-obatan seperti itu hanya dianjurkan bagi orang yang memang mempunyai risiko tinggi terkena masalah jantung.

Selain itu, jenis obat-obatan seperti obat penurun kolesterol ini juga sebaiknya jangan digunakan secara sembarangan. Diperlukan konsultasi dan saran dari dokter agar penggunaan serta dosis dari obat tersebut bisa sesuai dengan kebutuhan orang-orang.

Hubungan Kolesterol Dan Jantung

Setelah melihat beberapa mitos dan fakta sebelumnya, akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui juga bagaimana hubungan antara kolesterol dengan jantung. Pada dasarnya, terdapat kondisi tertentu yang membuat kolesterol jadi berbahaya untuk jantung.

Pada saat kadar kolesterol jahat di dalam darah menumpuk di arteri, maka hal itu bisa membuat aliran darah tersumbat. Arteri akan menyempit sehingga menyebabkan aliran darah ke arah jantung jadi terhalang.

Akibatnya, oksigen dalam darah yang harusnya menuju jantung jadi terhalang sehingga bisa menimbulkan rasa nyeri di dada. Kondisi yang lebih parah, suplai darah ke jantung bisa terputus karena tersumbat kolesterol sehingga dapat menyebabkan munculnya serangan jantung.

Itulah beberapa informasi fakta, mitos, serta hubungan antara kolesterol dan jantung yang perlu diketahui. Untuk mencegah terjadinya masalah pada jantung, Anda bisa mulai menjalani pola hidup sehat dan mulai selektif dalam memilih makanan yang masuk ke tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *