Revass Utama Medika

Gejala Dan Penanganan Tekanan Darah Tinggi Pada Jantung

Gejala Dan Penanganan Tekanan Darah Tinggi Pada Jantung

Hasalah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal tersebut tentu sudah menjadi tanda bahwa Anda juga harus mulai waspada terhadap penyakit tersebut.

Pasalnya, meskipun terlihat tidak berbahaya, namun jika dibiarkan hipertensi dapat menyebabkan masalah fatal seperti serangan jantung atau stroke. Untuk itu, memahami gejala dan penanganannya adalah langkah yang bijak.

Lantas, apakah Anda sudah mengetahui apa saja gejala dan penanganan dari penyakit hipertensi tersebut? Jika memang belum mengetahuinya, maka langsung saja simak informasi di bawah ini.

Apa itu Tekanan Darah Tinggi?

Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi adalah kondisi medis di mana tekanan darah dalam arteri meningkat di atas tingkat normal yang sehat. Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80 mmHg, sedangkan tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan sistolik mencapai 130 mmHg atau lebih dan tekanan diastolik mencapai 80 mmHg atau lebih. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan gangguan kesehatan lainnya.

Mengapa Tekanan Darah Tinggi Dapat Memicu Terjadinya Penyakit Jantung?

Dalam keadaan tertentu, tekanan darah tinggi dapat memecahkan kerak plak pada pembuluh darah koroner. Serpihan yang terlepas dapat menyumbat aliran darah dan menyebabkan serangan jantung. Orang yang menderita tekanan darah tinggi memiliki risiko dua kali lipat untuk menderita penyakit jantung koroner. Penyumbatan pembuluh darah juga dapat menyebabkan stroke, yaitu gangguan saraf dan otot yang disebabkan oleh masalah pada pembuluh darah di kepala.
Baca Juga : Mitos Dan Fakta Seputar Kolesterol dan Penyakit Jantung

Mengenal Gejala Tekanan Darah Tinggi/Hipertensi

Mayoritas orang yang mempunyai masalah tekanan darah tinggi umumnya tidak merasakan gejala atau ciri tertentu. Bahkan, untuk beberapa kasus ada orang yang tidak merasakan apa-apa meski tekanan darahnya sangat tinggi.

Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menjadi indikasi bahwa tekanan darah dalam tubuh sedang tinggi. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh gejala yang umum terjadi saat orang mengalami hipertensi.

  • Sakit kepala parah
  • Sesak napas
  • Mimisan
  • Kulit wajah dan leher memerah
  • Pusing
  • Nyeri dada
  • Gangguan penglihatan
  • Ada darah dalam urine

Cara Penanganan Tekanan Darah Tinggi Pada Jantung

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan pada saat hipertensi menyerang. Anda bisa mencoba melakukan berbagai macam cara yang dijelaskan di bawah ini untuk menangani terjadinya masalah hipertensi.

1. Mengurangi Konsumsi Garam

Cara pertama adalah mulai mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam. Paling tidak, garam yang boleh untuk dikonsumsi dalam satu hari adalah sekitar 5 gram garam saja.

2. Beraktivitas Fisik Teratur

Selanjutnya, bisa juga hipertensi ditangani dan dicegah dengan meningkatkan aktivitas fisik secara teratur. Paling tidak, Anda meluangkan waktu sekitar 150 menit tiap minggu untuk berolahraga atau aktivitas fisik.

3. Hindari Stres

Mengelola stres juga menjadi salah satu langkah untuk menangani dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Anda bisa mencoba mengelola stress dengan melakukan hobi yang disenangi, yoga, meditasi, atau berlibur.

4. Tidak Konsumsi Alkohol Berlebih

Berhenti mengonsumsi alkohol bisa menjadi langkah untuk menurunkan risiko terkena hipertensi. Oleh karena itu, untuk Anda para penderita atau punya risiko terkena hipertensi, sebaiknya mulai kurangi alkohol.

5. Menjaga Berat Badan

Salah satu hal yang menyebabkan hipertensi adalah kelebihan berat badan. Oleh karena itu, bagi Anda yang berat badan berlebih, sebaiknya mulai mencoba untuk menjaga pola makan dan menurunkan berat badan agar risiko hipertensi bisa berkurang.

6. Minum Obat

Apabila perbaikan pola hidup belum bisa mengatasi hipertensi secara optimal, maka bisa ditambahkan obat dari resep dokter. Obat tersebut jenisnya berbeda-beda sesuai kondisi dari pasien yang mengalami hipertensi.

Baca Juga : Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan Jantung

Kesimpulan

Begitulah tadi ulasan tentang gejala dan penanganan tekanan darah tinggi yang bisa untuk Anda perhatikan. Selain memperhatikan gejala serta penanganannya, tentu akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan hipertensi sejak dini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *